Banyak pemilik Honda Karisma mengeluhkan ‘suara tikus’ pada rem belakangnya saat pedal rem diinjak. Payahnya lagi, bunyi ciet… ciet… tersebut disertai pengereman kurang pakem. “Gejala tersebut umumnya disebabkan permukaan kampas mengeras, tidak rata atau berselimut debu. Kalau rajin dibersihkan problem tersebut enggak bakal muncul,” Solusi lain mengganti kampas rem. Menurut Trisilo, kampas rem Honda Karisma permukaannya terlalu keras. Sehingga untuk melambatkan laju roda dibutuhkan injakan pedal lebih kuat. Penggantinya bisa pakai kampas rem Honda Supra. Ukurannya sama tapi bahannya lebih lunak.

Bila belum puas dengan cara penanganan di atas, silakan mengikuti jejak Taufik Michael. Tuas rem dipotong lalu disambung besi sepanjang 5 cm. Dampaknya cukup positif. “Suara berdecit kabur dan pengereman pun tambah pakem,” puas mekanik Peugeot Agung Jaya di kawasan Cipete, Jaksel.

So, bagaimana dengan rem depan? Performanya masih dirasakan kurang top. Dari penyelidikan beberapa mekanik dituding bahan kampas terlalu keras. Sehingga ketika menjepit cakram kurang sempurna. Roda berhenti namun jarak pengeremannya terlalu jauh. Solusinya ganti saja dengan kampas Suzuki Shogun atau Tornado. Asalkan dobel piston ukurannya sama. Bahan lebih lunak memberikan efek perlambatan sempurna.