Bagi sebagian orang, CMS mungkin sudah tidak asing lagi, namun bagi yang lain, CMS bukan hanya asing tapi juga belum punya gambaran sama sekali. Apakah CMS itu sama dengan SMS atau MMS ? Ada hubungannya dengan seluler ? Mungkin pertanyaannya agak konyol ya, tapi kita harus menyadari, bahwa ada kesenjangan yang luar biasa antara personal-personal yang menguasai ilmu komputer dengan yang masih awam. Untuk itulah, meski tutorial ini mungkin rasanya terlalu mudah, saya tetap memantapkan diri (:-P) untuk membuatnya, syukur-syukur bisa berguna, khususnya bagi seluruh rakyat Indonesia yang ingin menguasai Teknologi Informasi.

CMS secara sederhana dapat diartikan sebagai berikut:

Sebuah sistem yang memberikan kemudahan kepada para penggunanya dalam mengelola dan mengadakan perubahan isi sebuah website dinamis tanpa sebelumnya dibekali pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat teknis. Dengan demikian, setiap orang, penulis maupun editor, setiap saat dapat menggunakannya secara leluasa untuk membuat, menghapus atau bahkan memperbaharui isi website tanpa campur tangan langsung dari pihak webmaster.

Definisi diatas dapat diakses secara lengkap melalui artikel pada http://www.ilmukomputer.com/umum/kemas-cms.php

Banyak aplikasi CMS yang beredar, baik yang propietary maupun yang open source. Beberapa aplikasi CMS yang populer adalah Postnuke, PHPNuke, Mambo Open Source, Endonesia-Aplikasi CMS berbahasa Indonesia (http://www.endonesia.com), Xoops, Xaraya dll.

Tutorial kali ini akan membahas langkah demi langkah proses instalasi aplikasi CMS Xoops. Xoops merupakan aplikasi CMS yang dibuat oleh komunitas open source yang tergabung dalam organisasi Xoops (http://www.xoops.org).

Keunggulan Xoops adalah sifat Xoops yang modular dan adanya standarisasi modul yang diinstalasikan. Xoops menawarkan kemudahan dalam manajemen website dan memberikan tampilan yang profesional dan mudah diatur melalui manajemen Themes.

Informasi selengkapnya bisa anda dapatkan pada URL dibawah ini.

http://www.infokreasindo.com/modules/wmpdownloads/