Kehidupan modern membuat lebih banyak orang menderita stres. Jika terkena stres, tidur jadi tidak nyenyak. Di Amerika Serikat tercatat oleh National Sleep Foundation bahwa 74 persen orang dewasa AS mengalami masalah tidur beberapa hari dalam seminggu. Sebanyak 39 persen tidur kurang dari tujuh jam setiap malam, dan satu dari tiga orang Amerika mengantuk di siang hari.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga punya masalah seperti orang AS? Untuk tahu itu, ada baiknya Anda ikuti kuis berikut ini. Beri jawaban benar atau salah untuk setiap enam pernyataan di bawah ini.

1. Tidur lima jam sehari itu sudah cukup.
2. Kurang tidur di hari kerja itu tidak apa-apa, asalkan Anda membayarnya di akhir pekan.
3. Efek kurang tidur dalam jangka pendek berupa tanda kehitaman di bawah mata dan kulit terlihat jelek. Itu tidak punya efek jangka panjang untuk kesehatan.
4. Minum kafein di sore atau malam hari tidak memengaruhi kualitas tidur.
5. Meletakkan televisi atau komputer di kamar tidur tidak memengaruhi kualitas tidur.
6. Kualitas tidur tidak berpengaruh pada berat badan, nyeri kronis, atau kesehatan secara umum.

Jika Anda menjawab benar untuk dua atau lebih pernyataan di atas, Anda mungkin perlu membuat sedikit perubahan dalam hidup untuk mendapatkan tidur nyenyak dan menjaga kesehatan yang optimal. Para ahli menyarankan untuk tidur sekitar 7 jam setiap malam. Namun, ini tentu tak berlaku untuk semua orang. Ada orang yang hanya membutuhkan 6 jam semalam, tetapi mereka yang lebih aktif atau menderita sakit mungkin lebih dari 7 jam setiap.

Kurang tidur telah terbukti memperburuk kinerja yang melibatkan memori, pembelajaran, dan logika. Ini menyebabkan pekerja membuat kesalahan di tempat kerja atau relasi di rumah jadi berantakan. Kurang tidur juga membuat peningkatan risiko penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, kenaikan berat badan, kegemukan, penyakit jantung, dan depresi.

Anda ingin tidur awal tetapi tak bisa? Ada sejumlah cara sederhana untuk mendapatkan tidur nyenyak lebih lama:

1. Hindari menonton telivisi di kamar tidur

Ranjang harusnya dipakai untuk dua hal: tidur dan bercinta, bukannya untuk menonton televisi. Penelitian sudah membuktikan bahwa orang yang sering mengalami gangguan tidur memiliki televisi di kamar.

2. Coba bantal atau kasur baru

Apakah kasur itu mendukung tubuh dengan benar, sehingga Anda tidak merasa nyeri punggung ketika bangun? Jika tidak, ganti bantal sehingga terasa lebih segar dan baru.

3. Hindari kafein di sore dan malam hari

Ketahuilah bahwa kafein 10 hingga 12 jam sebelum tidur dapat menyebabkan kesulitan tidur. Coba hindari teh, soda, cokelat supaya tidur lebih nyenyak.

4. Dengarkan musik relaksasi

Membiasakan diri mendengarkan musik rileks dapat menjadikan sinyal pada tubuh untuk bersiap tidur. Redupkan lampu dan putar musik jazz atau CD rileksasi untuk mendapatkan tidur yang nyenyak.

5. Coba teknik mind and body

Coba tenangkan pikiran dan tubuh dengan membuat ritual seperti mandi, meditasi, dan melakukan pose yoga untuk rileksasi dan menenangkan. Pengulangan ritual itu akan memicu pikiran dan tubuh bahwa itulah saatnya untuk rileks dan tidur.

6. Coba obat tidur alami

Anda bisa mencoba teh bunga chamomile sebelum tidur atau menghirup wangi minyak esensial lavender untuk menenangkan pikiran, sehingga lebih mudah jatuh tertidur.

Sumber: Senior

About these ads