Kalau ingin membuat web dengan Dreamweaver atau Frontpage, mungkin semua orang bisa. Tapi web tersebut hanya web standar yang tidak mempunyai database sehingga orang hanya dapat melihat isi dari web tersebut , tanpa bisa ikut berpastisipasi seperti memberikan komentar. Kalau mau bikin web PHP dengan database, kita kan perlu belajar PHP programming? Tidak juga… Sekarang banyak tools web template yang open source (ada source programnya sehingga bisa di ubah-ubah)dan GRATIS tentunya. Nah simak liputan kami tentang beberapa tools yang kami anggap mudah dan bagus untuk membuat website PHP lengkap dengan database. Untuk mencoba membuat web dengan php + mysql di komputer lokal, anda perlu menginstall software php dan mysql dahulu di komputer anda. Software php bisa anda download di: http://www.php.net/downloads.php

Untuk mysql, sebaiknya anda pakai yang versi 4.0, karena versi 5.0 masih baru dan belum banyak tools open source yang sudah bisa memanfaatkannya. anda bisa download di: http://www.mysql.com/

Kalau anda langsung memasukkannya di Internet, akan jauh lebih mudah, karena rata-rata Internet server di dunia maupun Indonesia, telah dilengkapi dengan fasilitas yang dapat membaca php dan mysql. Anda tinggal membuat database mysql saja di control panel web anda (hubungi provider web anda atau tempat anda menyewa server (web hosting) kalau tidak jelas caranya).

Berikut adalah beberapa tools Open Source yang berguna bagi anda untuk membuat web php dengan database mysql dari pertama:


Drupal
Ini merupakan salah satu tools yang kami anggap mudah sekali dan dengan download yg kecil (< 500KB) untuk membuat web, anda juga bisa merubah design dan tampilan dr web anda. Berikut adalah infonya yang kami kutip dari web-nya:
Drupal is an open-source platform and content-management system for building dynamic Web sites. It offers a broad range of features and services including user administration, publishing work flow, discussion capabilities, news aggregation, metadata functionalities using controlled vocabularies, and XML publishing for content-sharing purposes. Equipped with a powerful blend of features and configurability, Drupal can support a diverse range of Web projects ranging from personal Weblogs to large community-driven sites.

download Drupal di sini

Postnuke
Kalau anda menginginkan fitur web php + mysql database dengan fitur yang lebih lengkap dengan adanya forum, web chat, search dan security, anda bisa coba yang satu ini. Di bawah ini, adalah info yang kami kutip dari web-nya:
Some may see Postnuke (PN) as a weblog or content management system. But PN is more than that, PostNuke is a community, content, collaborative management system, a C3MS. It’s your electronic toolbox, a set of tools allowing you to build a dynamically generated web site that five years ago would have cost hundreds of thousands of dollars to launch.

Download Postnuke di sini
Forum tanya jawab di: http://forums.postnuke.com/
Postnuke Manual + FAQ di: http://news.postnuke.com/FAQ.html

Kalau anda kebetulan mengerti sedikit PHP dan ingin men-desain ulang program open source PHP yang anda dapat, anda bisa memakai program PHP Designer. Program ini GRATIS dan anda bisa download programnya di sini

Kalau anda ingin web yang khusus hanya untuk forum saja atau berisi forum saja (web forum), atau anda ingin memasukan forum terpisah dari web, anda bisa download PHP Bulletin Board di: http://www.phpbb.com/ 

About these ads